memilih warna logo

Memilih Warna Logo

Memilih warna logo memang gampang-gampang susah, karena sebelumnya kamu harus minimal mengerti secara psikologi warna yang akan di pilih untuk logo produk, usaha atau bisnis kamu.

Biar gak salah menentukan warna untuk logo produk, usaha atau bisnis kamu maka ada baiknya kamu baca dulu artikel ini yang akan mengulas beberapa warna populer yang biasa digunakan sebagai warna untuk mendesain sebuah logo produk, usaha ataupun bisnis.

Mengenal Warna Secara Psikologi Untuk Memilih warna Logo

Hitam

Warna hitam dapat diartikan & menjadi simbol kemisteriusan. Dalam memilih warna logo menggunakan warna hitam sebagai warna utama biasanya memunculkan kesan simple, elegan, kuat, dominan, netral, dan mahal. Warna ini bagus untuk brand yang formal dan mengutamakan kualitas dalam setiap produknya.

Brand-brand yang menggunakan logo dengan warna dominan hitam di dominasi oleh brand – brand fashion kelas atas. Beberapa brand terkenal yang menggunakan warna hitam sebagai warna utama pada logo mereka seperti Zara, Luiss Vuitton, Coach, Prada dan Ralph Lauren.

Merah

Warna merah dapat diartikan & jadi simbol keberanian. Dalam memilih warna logo menggunakan warna merah sebagai warna utama biasanya memunculkan kesan semangat, keberanian, kekuatan, urgensi dan cinta. Warna merah digunakan sebagai pemancing emosi pada orang yang melihatnya, itulah kenapa merah sering digunakan sebagai penanda “SALE” atau “DISKON” tujuannya adalah memancing orang yang melihatnya sebagai sebuah urgensi dalam membeli suatu produk.

Brand-brand yang menggunakan logo dengan warna dominan merah tersebar merata hampir di setiap industri mulai dari teknologi, penerbangan, otomotif, restoran, makanan, keuangan seperti Youtube, CNN, Air Asia, Oracle, Coca-Cola, CIMB dll.

Biru

Warna biru biasanya menjadi simbol untuk kedamaian & ketenangan sama seperti saat kita memandang lautan & langit. Ini adalah warna terpopuler yang digunakan untuk logo. Dalam memilih warna logo menggunakan warna dominan biru biasanya memunculkan kesan professional, pengetahuan, integritas, dan keseriusan. Makanya banyak sekali perusahaan dengan nama-nama serius menggunakan warna biru sebagai warna dominan dalam logonya.

Brand-brand menggunakan warna dominan biru pada logonya bisanya di dominasi oleh perusahaan-perusahaan teknologi, penerbangan, keuangan, konstruksi seperti Intel, Garuda, Facebook, Bank Mandiri, BCA, PP, Wika dll.

Hijau

Warna hijau dapat diartikan dan jadi simbol untuk kesegaran dan kesuburan sama seperti saat kita memandang alam. Dalam memilih warna logo menggunakan warna dominan hijau biasanya memunculkan kesan aman, segar & sehat

Brand-brand yang menggunakan warna utama hijau pada logonya biasanya didominasi oleh brand-brand makanan & minuman sehat, teknologi, berkaitan dengan alam/alami. Beberapa brand yang menggunakan warna hijau seperti Kaspersky, Animal Planet, Android, Tropicana dll

Kuning

Warna kuning dapat diartikan & jadi simbol untuk semangat, kegembiraan & harapan sama saat kita melihat matahari terbit atau terbenam. Memilih warna logo menggunakan warna dominan kuning biasanya memunculkan kesan optimisme, kehangatan dan kejelasan.

Brand-brand yang menggunakan warna utama kuning pada logonya biasanya didominasi oleh perusahaan makanan, teknologi, ekspedisi. Beberapa brand yang menggunakan warna kuning seperti Mc Donald, DHL, National Geographic, Cheetos, Pringles dll.

Oranye

Warna oranye dapat diartikan & jadi simbol untuk kepercayaan, antusiasme & kesenangan. Memilih warna logo menggunakan warna oranye akan memunculkan kesan gairah, fun & playfull.

Brand-brand yang menggunakan warna utama oranye pada logonya di dominasi oleh perusahaan-perusahaan mainan, kendaraan, hiburan, teknologi seperti Nickelodeon, Harley Davidson, Soundcloud, Gulf dll.

Ungu

Warna ungu dapat diartikan & menjadi simbol untuk misterius, ambisi dan kemandirian. Memilih warna logo menggunakan warna ungu akan memunculkan kesan mewah, feminin dan bermartabat.

Brand-brand yang menggunakan warna dominan ungu pada logonya didominasi perusahaan-perusahaan mewah seperti perhiasan & kecantikan seperti Asprey London, Cadbury, Yahoo, Hallmark dll.

Dengan mengenal secara psikologi 7 warna populer yang biasa digunakan untuk logo, diharapkan kamu bisa menentukan warna apa yang akan kamu pakai untuk logo produk, usaha atau bisnis kamu yang sesuai dengan industri atau bisnis yang kamu jalankan.

Jangan gunakan terlalu banyak warna dalam mendesain logo. Gunakan 1 atau 2 warna saja.

indiza.id juga menyediakan jasa desain grafis termasuk mendesain logo di dalamnya untuk membantu bisnis kamu.